Jumat, 03 Juni 2011

Mesin Gerinda



PENGERTIAN MESIN GERINDA

Menggerinda berarti menggosok, mengauskan dengan gesekan atau mengasah. Dalam manufaktur, ditunjukkan dengan pelepasan logam oleh suatu roda amplas putar, gerakannya mirip pemotong frais.

Keuntungan proses menggerinda:

1. Merupakan metode yang umum dari pemotongan bahan seperti bajay ang dikeraskan. Besarnya kelegaan tergantung pada ukuran, bentuk, dan kecenderungan suku cadang untuk melengkung selama operasi perlakuan panas.
2. Disebabkan banyaknya mata potong kecil pada roda, maka menimbulkan penyelesaianyang sangat halus dan memuaskan pada permukaan singgung dan permukaan bantalan. Kekasaran permukaan yang dicapai adalah 0,4 sampai 2200 μm
3. Penggerindaan dapat menyelesaikan pekerjaan sampai ukuran teliti dalam waktu singkat. Mesin gerinda perlu pengaturan roda halus, sebab hanya jumlah kecill bahan yang dilepas, sampai ± 0,005 mm.
4. Tekanan pelepasan logam dalam proses ini kecil, sehingga memperbolehkan untuk menggerinda benda kerja yang mudah pecah dan benda kerja yang cenderung untuk melenting menjauhi perkakas. Sifat ini memungkinkan memakai pencekam magnetis untuk memegang benda kerja dalam operasi penggerindaan.

Gerinda silindris

Digunakan untuk menggerinda permukaan silindris silindris, permukaan tirus dan berbentuk sederhana sederhana. 
Diagram skematis perbedaan pokok dalam menyangga benda kerja diantara kedua pusatnya dan gerinda tanpa pusat pusat, ditunjukkan pada gambar berikut:
 

Dalam jenis tanpa pusat pusat, benda kerja disangga oleh pengaturan dari perletakan benda kerja kerja, roda pengaturan pengaturan, dan roda gerindanya sendiri sendiri. Semuanya menggunakan roda gerinda datar dengan permukaan gerinda sebagai diameter luar luar.
 

 
 

 

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More